a Citra Kuchiki: Generator Van De Graff -->

Kamis, 07 April 2011

Generator Van De Graff

Generator van de graff diperkenalkan pada tahun 1929 oleh ilmuwan fisika dari Amerika bernama Robert J. Van de Graff. Generator Van de Graff merupakan generator elektrostatik, yaitu alat yang menghasilkan perbedaan potensial listrik dengan orde megavolt. Generator Van de Graff berfungsi untuk menghasilkan muatan listrik, khususnya percepatan partikel bermuatan dalam eksplorasi atom.  

Generator Van de Graaff adalah alat pembangkit listrik statis yang menghasilkan tegangan listrik DC yang sangat tinggi, yaitu dengan cara mengumpulkan muatan listrik dan menyimpannya pada permukaan bola logam berongga. Bola berongga terbuat dari besi anti karat dengan diameter 220 mm dan terdiri atas dua bagian di mana bagian atas dapat dilepaskan untuk memperlihatkan cara kerja pembangkit listriknya.

Kapasitansi bola berongga ±12 pF bertindak sebagai penyimpan muatan. Listrik statis dapat mencapai ± 330 kV. Loncatan listrik dapat mencapai 50 sampai 100 mm, tergantung kondisi kelembaban lingkungannya.

Pada bagian bawah dari sikat terdapat soket 4 mm yang dapat digunakan untuk penghubung pada sumber listrik tegangan tinggi lain jika diperlukan.

Alat ini dapat digerakkan dengan dua cara. Pertama, dengan menggunakan motor listrik 220 volt AC yang dapat diatur kecepatannya. Kedua, dengan memutarnya secara manual dengan tangan. Kedua cara ini dapat ditukar dengan mudah dengan memindahkan sabuk penggerak dari puli motor ke puli berengkol. Alat ini dilengkapi dengan asesoris untuk percobaan listrik statis.

Set kit ini dapat digunakan untuk melakukan percobaan dan pengamatan topik umum seperti: Rambut berdiri, Loncatan bunga api, Bola mengambang, Kincir listrik, Mendeteksi muatan, Arah lengkungan api, Menyalakan lampu neon, dan lain-lainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar